Rabu, 21 September 2011

Siap-Siap Pekan Imunisasi Campak dan Polio

Pemerintah DKI Jakarta, akan menggelar Pekan Imunisasi Campak dan Polio selama satu bulan, dan untuk wilayah Kelurahan Ciracas kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober hingga 18 November 2011. Sasarannya adalah bayi dan balita yang ada di wilayah Kelurahan Ciracas. Salah satu tempat yang disiapkan di tingkat RT/RW adalah POSYANDU ANGGREK yang telah tersedia kader yang bertugas meneteskan vaksin tetes untuk polio, dan petugas kesehatan untuk memberi vaksin campak secara suntik.

Diharapkan orang tua yang mempunyai bayi atau balita dapat hadir atau datang ke POSYANDU ANGGREK, sehingga tidak perlu ada penyisiran untuk mencari bayi dan balita yang belum diimunisasi. Peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan bayi dan balita.

Dihimbau kepada masyarakat, khususnya di wilayah RW.09 Kelurahan Ciracas untuk membawa bayi dan balitanya untuk imunisasi campak dan polio. Imunisasi ini diberikan secara gratis. Orangtua tidak perlu khawatir terhadap imunisasi yang diberikan, karena sudah melalui penelitaan dan terjamin keamanannya. Terkadang ada Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI). Tetapi semua kader dan petugas sudah dilatih dan kasus KIPI ini biasanya sangat kecil.

Pelaksanaan pekan imunisasi campak dan polio ini juga sebagai upaya pemerintah melakukan pemusnahan massal terhadap virus polio dan campak. Saat ini Pemerintah sedang menyiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pekan imunisasi tersebut. Beberapa yang perlu disiapkan yakni vaksin, jarum suntik, boks penyimpan jarum suntik bekas pakai, dan lain-lain, karena pekan imunisasi merupakan program pemerintah pusat.

sumber: Kantor Lurah Ciracas, Jakarta Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar